BGR Logistic dan TaniHub Group Sinergi Perkuat Warung Pangan

 

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics berupaya meningkatkan kinerja dengan menggandeng PT Supply Indonesia atau TaniHub Group. Kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan MoU tersebut digelar di Kantor Pusat BGR Logistics, Jakarta Barat, Rabu (23/6).

 

Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo, mengungkapkan MoU yang dilakukan hanya sebagai peresmian kerja sama saja. Nantinya bakal dikonkritkan dengan pembicaraan lebih lanjut mengenai kerja sama yang bisa dilakukan.

 

Meski begitu, Kuncoro mengatakan pada intinya kerja sama yang dibuat adalah untuk melengkapi kebutuhan masing-masing perseroan. Ia mencontohkan, TaniHub nantinya bisa menggunakan fasilitas di BGR Logistics, begitu juga sebaliknya.

 

“Ada beberapa hal yang kami bisa masuk, dan beberapa hal kami tidak bisa masuk nanti makanya banyak bantu di sini. Ini biasa Jakarta ke Surabaya non pangan, nanti baliknya angkut pangan jadi kita bisa bekerja sama dengan TaniHub,” kata Kuncoro secara virtual setelah penandatanganan MoU, Rabu (23/6).

 

Sementara itu, Chief Operating Officer TaniHub, Sariyo mengakui, langkah itu sebagai peresmian kerja sama antara kedua pihak. Ia mengatakan BGR Logistics kuat di sektor logistik sehingga pihaknya tinggal mengkolaborasikan.

 

Sariyo memastikan semua pihak di TaniHub bakal terlibat. Dampak yang diberikan tidak hanya ke petani saja tetapi juga menyasar para pelaku UMKM. Ia mengaku siap menyuplai produk pertanian yang masih fresh.

 

“Jadi banyak yang akan bisa dikembangkan mulai dari saling suplai, saling jualan yang memungkinkan, itu paling cepat terjadi. Kemudian pemanfaatan jalur logistik, teman-teman BGR sebaliknya,” ujar Sariyo.

 

“Yang saya kepikiran adalah sebenarnya perluasan pasar sih. Itu yang paling mudah. Artinya mungkin dengan mengkombinasikan jaringan pasar masing-masing itu paling enggak growth sektornya sudah kelihatan,” tambahnya.

 

Selain itu, Sariyo menjelaskan salah satu tantangan yang sulit dari sektor pangan ini juga dari sisi logistik. Ia merasa dengan kerja sama dengan BGR Logistics tentu bisa menyelesaikan persoalan tersebut.

 

“Jadi yang mau kita lakukan adalah hal yang nanti memungkinkan untuk akan bercabang ke mana-mana, oh kok enggak itu, enggak itu. Jadi banyak hal. Paling enggak adalah semangatnya sudah sama, berikutnya hanya akan ada hal yang lebih baik ke depannya,” tutur Sariyo.